Tips Desain Kamar Tidur Sebagai Penunjang Relaksasi

Desain Langit-Langit Kamar Tidur

Tips Desain Kamar Tidur yang kami berikan saat ini lebig di utamakan untuk fungsi relaksasi kamar tidur. Tentunya kamar tidur yang berfungsi untuk penunjang relaksasi akan lebih optimal bila elemen-elemen dalam ruang dikombinasikan dengan tepat.

Tentunya dari tubuh yang relaks memang tercipta dari pikiran yang santai. Namun, untuk membangun pikiran yang santai, kita memerlukan dukungan suasana ruang. Untuk menciptakan suasana, kita membutuhkan elemean lantai, pencahayaan, warna, pengudaraan, hingga layout.  Bila kesemua elemen itu klta “jahit” dengan tepat, suasana relaks pun akan tercipta.

Semuanya memang kembali berpulang kepada minat dan selera dari masing-masing. Namun, panduan dasar tetap dibutuhkan sebagai titik awal bereksplorasi. Inilah panduan dari desainer interior Ninna Suhendra terkait keenam elemen tersebut untuk menciptakan suasana kamar tidur yang relaks dan mendamaikan.

Tips Desain Kamar Tidur Sebagai Penunjang Relaksasi

Pada posting dibawah ini kami akan fokus pada Petunjuk bagaimana memanfaatkan secara maksimal kamar tidur untuk penunjang relaksasi.

Tips Desain Kamar Tidur Sebagai Penunjang Relaksasi
Tips Desain Kamar Tidur Sebagai Penunjang Relaksasi

Tips Desain Kamar Tidur : Langit-Langit

Langit-langit tinggi membantu menciptakan suasana santai ketimbang langit-langit rendah, Pasalnya, langit-langit rendah akan membuat ruang terasa sumpek yang membuat penghuni kamar tidur sulit beristirahat. Dengan tingginya langit-langit, udara juga akan lebih mudah bersirkulasi.

Desain Langit-Langit Kamar Tidur
Desain Langit-Langit Kamar Tidur

Desain Kamar Tidur : Pengudaraan

Sirkulasi udara harus tetap lancar. Karena itu, Anda membutuhkan jendela maupun ventilasi. Jendela sebaiknya berada disisi tempat tidur, bukan di hadapannya atau di belakangnya. Dengan begini, cahaya matahari tidak akan langsung menerpa wajah, sementara udara tetap dapat masuk. Bila di kamar Anda tidak memungkinkan untuk memasang jendela, gunakanlah roster.

Desain Kamar Tidur : Lantai

Pilihlah material finishing lantai berwarna gelap. Bila ingin suasana yang lebih hangat, gunakan pelapis yang bermotif kayu. Apapun materialnya, baik keramik, granite tile, maupun parket kayu solid. Warna-warna dan motif-motif ini akan membantu Anda merasa relaks.

Desain Kamar Tidur : Lighting

Gunakan lampu general yang memiliki cahaya warm, tidak terlalu putih maupun terlalu kuning. Namun, bila kamar Anda juga digunakan sebagai tempat kerja, gunakanlah lampu general dengan cahaya putih. Menjelang waktu tidur, matikan lampu general dan manfaatkan night lamp sebagai sumber penerangan. Kamar dengan penerangan yang remang akan membuat Anda cepat mengantuk.

Desain Kamar Tidur : Posisi Furnitur

Jauhkan meja kerja dari tempat tidur agar waktu istirahat tidak terganggu.

Desain Kamar Tidur Minimalis : Dinding

Lapisi dinding dengan warna-warna yang menyejukkan mata, Gunakan pula warna-warna netral, seperti cokelat, abu-abu atau putih. lni akan membuat mata Anda tidak lelah.

Design Kamar Tidur : Side Table

Letakkan side table di sisi tempat tidur untuk meletakkan benda-benda kecil yang kerap Anda gunakan menjelang tidur dan bangun, seperti kacamata dan galas berisi air minum. Ini akan mengurangi intensitas Anda berlalu-lalang sehingga fokus beristirahat Anda tidak terdistraksi.

Wardrobe

Lemari sebaiknya dijauhkan dari tempat tidur agar area beristirahat lebih lapang. Akan lebih baik bila Anda membuat walk in closet yang disertai powder room. Aktivitas memilih baju dan berdandan akan terpusat di sini.

Tips Desain Kamar Tidur Untuk Penunjang Relaksasi
Tips Desain Kamar Tidur Untuk Penunjang Relaksasi

Petunjuk yang kami tulis diatas adalah desain dasar jika ingin mengoptimalkan kamar tidur sebagai tempat relaxsasi. Dibawah ini kami berikan gambaran desain yang dapat pengunjung ikuti agar lebih mudah mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan.

Petunjuk Desain Kamar Tidur Untuk Penunjang Relaksasi
Petunjuk Desain Kamar Tidur Untuk Penunjang Relaksasi

Desain Santai Untuk Pasangan (RELAX And Unwind)

Dalam tata letak kamar tidur ini, kami menempatkan tempat tidur di tengah, bertindak sebagai titik fokus ruangan. Tata letak ini sangat cocok untuk pasangan, karena kedua sisi tempat tidur dapat diakses, dan dua side table membingkai tempat tidur dengan baik. Lemari menawarkan penyimpanan di salah satu sudut ruangan, sementara area tempat duduk kecil berdekatan. Dengan dua kursi, meja bistro kecil, dan bangku di ujung tempat tidur atau set ottoman di dekatnya, tata letak kamar tidur ini menawarkan ruang untuk melakukan lebih dari sekedar tidur. Jika Anda ingin beristirahat dan bersantai di kamar tidur Anda sebelum tidur dengan bersosialisasi dengan pasangan Anda, membaca, atau menyelesaikan tugas-tugas santai lainnya, tata letak kamar tidur ini mungkin tepat untuk Anda.

Multifungsi

Seperti pengaturan Desain Santai Untuk Pasangan, tata letak kamar tidur Multifungsi adalah untuk orang yang menggunakan kamar tidur mereka untuk kegiatan lain selain hanya tidur. Dengan area tempat duduk untuk menghirup kopi atau bersosialisasi, dan meja rias atau meja untuk merias wajah atau digunakan sebagai ruang kerja, tata letak kamar tidur ini hampir berfungsi sebagai apartemen studio. Kami menempatkan tempat tidur di dinding, sebuah taktik yang berfungsi baik untuk kamar tidur dengan jendela besar atau salah tempat yang menghalangi Anda menempatkan tempat tidur di tengah ruangan.

Ruangan kecil

Tata letak kamar tidur ini memaksimalkan ruang tanpa mengorbankan perabot. Dengan memindahkan tempat tidur dan side table dari pusat ruangan ke salah satu dinding, kita dapat memasang meja dan kursi aksen di ruang di samping tempat tidur. Jangan ragu untuk menukar meja dengan lemari jika Anda membutuhkan penyimpanan tambahan untuk pakaian atau meja rias jika Anda menyukai area rias di kamar tidur Anda. Di sudut yang berlawanan kami bisa memasang dada tinggi tanpa membuat ruangan terasa sesak.

Penyimpanan Ekstra

Jika Anda terutama menggunakan kamar tidur Anda untuk menyimpan pakaian dan tidur, ini bisa menjadi pengaturan baru Anda. Tata letak kamar tidur ini menawarkan banyak penyimpanan bagi mereka yang sepertinya tidak pernah memiliki cukup ruang. Anda tidak perlu khawatir tentang memilih dan memilih perabot mana yang dapat masuk ke dalam kamar tidur Anda karena tempat tidur, lemari dengan cermin, dan dua side table semuanya dalam pengaturan ini. Kami bahkan menempatkan bangku penyimpanan (atau dua ottoman penyimpanan) di kaki tempat tidur. Dengan tata letak kamar tidur ini, Anda dapat menjaga kamar tidur Anda rapi karena semuanya bisa memiliki ruang untuk disimpan.

Dengan ide tata ruang yang luar biasa ini, Anda dapat memperbarui oasis tidur Anda dengan mudah dan penuh percaya diri. Meskipun pengaturan ini berfungsi dengan baik di sebagian besar kamar, setiap ruang berbeda, jadi jangan ragu untuk menukar bagian furnitur atau membuat penyesuaian lain untuk menyesuaikan tata letak kamar tidur baru Anda. Selamat mengatur!

Tinggalkan Balasan