Cara Menata Lemari Pakaian | Tip Rumah Minimalis Modern

Cara Menata Lemari Pakaian

Cara menata lemari pakaian kami anggap hal yang sangat penting dalam membuat suasana yang nyaman di Rumah Minimalis Modern. Tidak saja sedap dipandang, lemari pakaian yang rapi memudahkan kita menemukan pakaian yang ingin digunakan.

Cara Menata Lemari Pakaian | Tip dan Trik Rumah Minimalis Modern

KAMAR TIDUR seharusnya menjadi tempat yang paling menenangkan di rumah. Tetapi bagaimana kita dapat beristirahat dengan tenang jika kamar penuh dengan barang-barang? Karena itu, penyimpanan barang di kamar tidur menjadi sesuatu yang penting diperhatikan.

Pakaian dan aksesori merupakan barang yang biasanya disimpan di kamar tidur, jika kita tidak memiliki ruang pakaian khusus. Lemari pakaian menjadi salah satu barang yang selalu ada di hampir setiap kamar tidur. Agar selalu rapi, lemari pakaian harus ditata dengan benar. Lemari yang tertata juga memudahkan saat kita ingin mencari pakaian yang ingin digunakan, sekaligus menjaga pakaian yang disimpan selalu dalam keadaan baik.

Tip Menata Lemari Pakaian

Berikut tahapan untuk membuat penyimpanan pakaian yang teratur.

  1. Tentukan bentuk penyimpanan Lemari Pakaian

Umumnya, sebuah lemari pakaian melengkapi kamar tidur. Lemari pakaian sebaiknya berbentuk tinggi agar dapat menyimpan pakaian dengan cara digantung. Lemari yang tinggi juga berarti memanfaatkan ruang vertikal secara maksimal.

Leman pakaian dapat dibuat customized, yang dapat dibuat persis dengan ketersediaan ruang, sehingga penyimpanan dapat maksimal. Alternatif lain adalah lemari modular, yang ukurannya sudah ditentukan dari produsen. Keuntungannya, lemari ini dapat dikembangkan bertahap sesuai bertambahnya kebutuhan.

Dengan sistem fleksibel yang ditawarkan produsen saat ini, kita juga dapat memilih apakah lemari itu tertutup atau terbuka. Pilihan tempat penyimpanannya juga beragam, mulai dari gantungan, rak, atau kotak-kotak.

  1. Sortir kembali pakaian yang ada.

Menurut sebuah penelitian, rata-rata perempuan hanya mengenakan 20% pakaian yang ada di lemarinya, sepanjang 80% waktunya. Isi lemari kebanyakan berupa pakaian yang ia pikir akan digunakan suatu hari. akan digunakan ketika muat lagi, atau pakaian lama yang sayang untuk dibuang.

Sebelum menata lemari, sortir mana pakaian yang betul-betul digunakan. Sediakan 3 boks yang berlabel: digunakan, disumbangkan, dibuang. Jika ada pakaian yang dalam 1 tahun tidak digunakan, jangan ragu untuk segera memasukkannya ke dalam kedua kategori terakhir.

Setelah itu sortir berdasarkan jenis pakaian, untuk memudahkan penyimpanan nantinya. Misalnya: jaket, gaun, celana, pakaian dalam, kaos kaki, atau aksesori seperti Syal.

Cara Menata Lemari Pakaian

  1. Simpan pakaian berdasarkan jenisnya.

Penyimpanan dalam lemari pakaian sebaiknya terdiri dari gantungan, laci, rak, dan kotak. Mulailah menyimpan pakaian yang digantung, yang berupa gaun, jas, rok, celana, kemeja, atau pakaian-pakaian khusus yang tidak boleh dilipat. Gunakan gantungan kayu untuk jas, gantungan plastik untuk kemeja, dan gantungan berbusa untuk gaun yang halus. Jangan gantung pakaian berbahan rajutan karena bisa melar.

Setelahnya, di beberapa rak samping dapat disimpan kaus dan pakaian-pakaian yang dapat dilipat. Kemudian, simpan pakaian dalam dan kaus kaki dalam laci. Gunakan separator agar isi laci teratur. Alternatifnya, sediakan keranjang atau boks di rak samping untuk menyimpan pakaian dalam dan kaus kaki.

Rak paling bawah dapat digunakan untuk menyimpan sepatu dalam boks atau tas. Tas juga sesuai untuk disimpan dalam rak  teratas. Sementara, aksesori dapat disimpan pada gantungan yang dipasang di pintu lemari.

Dengan lemari pakaian yang rapi, kita pun siap memulai hari dengan lebih bersemangat!

Selain Cara Menata Lemari Pakaian | Tip Rumah Minimalis Modern kami juga memiliki artikel menarik lainnya yaitu PANDUAN MEMILIH KASUR (TIPS RUMAH MINIMALIS MODERN) dan  JENIS DAN SPESIFIKASI KASUR TERBAIK (TIPS RUMAH MINIMALIS MODERN)

Tinggalkan Balasan