Bagaimana Cara Merancang Ruang Makan Kecil (Tanpa Merasa Sempit)

Bagaimana Cara Merancang Ruang Makan Kecil

Hanya karena rumah Anda tidak memiliki ruang untuk ruang makan yang penuh dan formal, tidak berarti Anda tidak dapat membuat ruangan yang besar untuk membuat penghuninya merasa senang. Bekerja dengan ruangan yang kecil memang cukup sulit, tapi dengan sedikit perencanaan dan pemikiran, Anda dapat membuat hampir semua ruangan  menjadi ruangan yang menyenangkan untuk Anda.

Tidak percaya dengan kita? Teruskan membaca. Kami telah membawa Anda pada tips terbaik tentang bagaimana merancang ruang makan kecil tanpa merasa terlalu  sempit. Baca terus untuk melihat mana ide-ide terbaik yang cocok untuk rumah anda. Dengan bantuan kami, anda dapat menciptakan ruangan yang terasa nyaman dengan tujuan yang sama.

Bagaimana Cara Merancang Ruang Makan Kecil
Cara Merancang Ruang Makan Kecil

Tentukan Ruang

Langkah pertama Cara Merancang Ruang Makan Kecil yaitu mendefinisikannya terlebih dahulu. Dimana jika ruang makan anda adalah bagian dari ruangan lain yang sama seperti dapur atau ruang tamu, anda tentu akan membuat dengan jelas tujuan dari ruangan ini. Dengan melakukan hal ini akan membantu menentukan fungsi dari ruangan ini, dimana fungsi ruangan merupakan hal yang sangat penting untuk setiap proyek desain interior yang sukses.

Adapun cara untuk membuatnya, ada beberapa cara untuk membuat ruangan sendiri. Anda bisa menambahkan lampu gantung seperti pada gambar diatas, yang nantinya juga akan membantu untuk membawa gambar visual ke dalam ruang. Atau anda juga bisa memilih untuk menggabungkan area ruang makan dengan menambahkan karpet dibawah meja makan. Menggunakan salah satu dari kedua metode ini serupa dengan sentuhan akhir yang nantinya akan membantu membuat ruang makan anda menjadi lengkap.

Cara Merancang Ruang Makan Kecil

Dalam menentukan ruangan apa saja yang akan mengisi rumah, anda perlu memperhatikan bagaimana konsep ruangan, tata letak perabot, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu penentuan ruangan nantinya juga akan berpengaruh untuk mendapatkan energi yang positif untuk keharmonisan dan kehangatan di dalam keluarga.

Baca juga : Cara Berkelas Dan Modern Menghias Dinding Kamar Dengan Bentuk Hati

Memilih Tempat Duduk yang Kreatif

Terkadang ketika anda bekerja di ruangan kecil, anda tidak memiliki ide untuk mengatur tata letak yang pas.Sebagian orang mengatur tata letak ruang makan pun dengan meja panjang yang berjajar dengan dilengkapi kursi di kedua sisi, padahal tidak harus begitu. Anda memiliki kebebasan untuk mengatur tata letak ruang makan sesuai dengan yang anda inginkan. Sehingga nantinya ruangan dengan tempat duduk yang nyaman, akan membantu anda semakin fokus dalam melakukan pekerjaan.

Cara Mendekorasi Ruang Makan Kecil

Oleh sebab itu, didalam perencanaan tersebut sudah merupakan hal yang diluar kepala. Artinya apakah ruang makan anda dalam sudut canggung yang bisa dimanfaatkan untuk mengubah tata letaknya menjadi melingkar, bukan persegi panjang atau persegi? Bisakah Anda menggunakan bangku di tempat kursi untuk mengambil sedikit ruang secara keseluruhan? Jika Anda benar-benar di tempat yang sempit, anda akan mendapatkan keuntungan dari tempat duduk multifungsional yang berfungsi sebagai penyimpanan.

Pemilihan warna pada perabot rumah tangga juga sangat penting. Pasalnya pemilihan warna tersebut bisa menjadi acuan anda untuk menentukan tema yang ingin anda konsep. Contohnya pemilihan warna abu-abu sangat cocok untuk konsep ruangan industrial. Dimana warna tersebut akan menambah sisi keindahan tersendiri.

Baca juga : Tips Desain Kamar Tidur Sebagai Penunjang Relaksasi

Pilih Furniture yang Ringan

Dalam desain interior, sangat penting untuk mempertimbangkan proporsi, atau hubungan dalam ukuran antara semua benda di dalam ruang. Sementara yang mungkin terdengar samar-samar, itu berarti Anda harus melakukan upaya pengubahan untuk sumber ukuran objek yang terlihat tepat  untuk ruangan, daripada beberapa objek yang merasa memenuhi ruangan yang telah mereka isi dengan barang-barang diruang terbuka.

Desain Ruang Makan

Didalam ruangan kecil, anda harus mempertimbangkan cahaya yang nantinya akan mendukung dalam hal penerangan juga dapat terlihat senada dengan konsep ruangan yang dibuat. Secara umum nantinya furniture yang akan digunakan harus bersifat mobile atau dapat dipindahkan dengan mudah. Lebih baik menggunakan cahaya yang tepat agar nantinya ketika di dalam ruangan tidak memberikan ilusi yang lebih banyak.

Tidak hanya mempetrtimbangkan cahaya, pemilihan furniture yang ringan juga menjadi hal penting untuk mengisi salah satu ruangan anda. Pemilihan furniture ditentukan dari besar kecilnya ruangan, contohnya jika ruangan kecil usahakan menggunakan furniture knockdown atau biasa dikenal sebagai furniture bongkar pasang. Anda akan bebas mengatur tata letak furniture tersebut.

Baca juga : Dekorasi dan Desain Kamar Tidur Rumah Minimalis

Nyaman untuk ditempati

Perlu menjadi catatan penting yang harus diingat bahwa yang menjadi ruang harmonis didalam rumah yaitu ruang makan. Dimana sebagian orang menghabiskan waktunya duduk dan berbicara selama berjam-jam sambil menikmati makanan yang lezat. Ruangan yang sudah dibuat dengan konsep inheren ini semakin menambah rasa harmonis, jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan konsep itu. Anda harus berusaha untuk membuat sebagian besar ruang makan kecil anda menjadi menyenangkan dan aman.

Untuk menjawab pertanyaan anda tentang bagaimana cara melakukan ini adalah dengan membawa perabotan yang terlihat menarik untuk mendukung dalam proses mengatur tata letak ruangan. Jika perlu, tambahkan beberapa bantal kecil kemudian tempatkan di tempat duduk. Tidak hanya itu, pemilihan aksesoris yang tepat juga dapat membawa rasa kesenangan di dalam suatu ruangan.

Tidak hanya dapat menyegarkan udara dalam ruang, menempatkan beberapa tangkai bunga diruangan juga akan menambah suasana ruangan menjadi lebih rileks. Apalagi anda juga bisa memanfaatkan tanaman yang berdaun merah atau memiliki bunga berwarna merah atau kuning pada ruang makan karena kedua warna ini dapat menambah nafsu makan keluarga ketika berada di ruang makan.

Baca juga : Dapur Modern Klasik | Inspirasi Model Rumah Minimalis

Pemanfaatan Dinding Ruangan

Anda dapat memulainya dengan memanfaatkan dinding pada rumah Anda untuk membuat lemari ataupun rak buku yang cukup sederhana namun mempunyai banyak fungsi. Rak tersebut selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku, dapat juga untuk menaruh beberapa hiasan yang anda sukai. Jangan lupa juga untuk memilih warna putih polos untuk dindingnya atau bisa juga menggunakan poster inspiratif yang dapat menambah hangat di dalam ruangan.

Selain mendominasikan warna-warni terang dalam desain ruang tamu kecil, coba gunakan cermin agar ruangan tampak lebih leluasa. Kamu dapat mengaplikasikan cermin ke dinding untuk memenuhi sisinya atau dipasang sebagai dekorasi rumah. Namun, akan terasa lebih baik jika cermin dalam ruangan cukup besar agar dapat memberikan cukup refleksi untuk efek visual ruangan yang terasa lebih luas dan lapang. Anda juga dapat menggabungkan ruang tamu dengan ruang lainnya seperti ruang keluarga.

Baca juga : Cara Menata Lemari Pakaian | Tip Rumah Minimalis Modern

Pada saat merancang ruang untuk sentuhan pelengkap akhir adalah menambah dekorasi pada ruangan. Namun, untuk anda yang memiliki keterbatasan ruang sebaiknya hindari penggunaan dekorasi yang berlebihan. Dekorasi yang cukup dan sederhana membantu desain ruang tamu kecil tidak terkesan sesak, penuh, dan sempit. Apakah anda memiliki ruang makan yang kecil? Lalu bagaimana anda membuat desain untuk rumah anda? Anda bisa memberikan kolom komentar dibawah yang sudah tersedia.

Tinggalkan Balasan